Minggu, 13 Januari 2013
Pengertian Bisnis Informatika.
Dari pejabaran pengertian masing masing dari bisnis & teknologi informatika dapat kita simpulkan pengertian dari Bisnis Informatika adalah adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi yang berkaitan dengan teknologi informasi baik teknologi komputer maupun teknologi telekomunikasi.
Contoh kegiatan Bisnis Informatika :
- Di perusahaan dagang seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kendali komputer sehingga mesin tersebut dapat dikendalikan oleh pihak manajer hanya dari ruang kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung laba rugi, inventaris, dan sebagainya.
- Di bidang perbankan, salah satu solusi sistem informasi perbankan telah diperkenalkan oleh perusahaan besar seperti Hewlett-Packard (HP), yang bekerja sama dengan Infosys telah memperkenalkan solusi core banking, yang disebut Finacle kepada bank-bank di Indonesia. Finacle memberikan solusi bagi bank yang ingin melakukan up-grade terhadap sistem yang telah mereka miliki. Dengan menggunakan Finacle, up-grade sistem bisa dilaksanakan dengan resiko investasi maupun kegagalan migrasi yang rendah. Ini penting bagi bank-bank agar mampu menghadapi siklus bisnis yang selalu berubah. Dengan solusi terpadu ini – berupa software dan hardware, jaringan, sistem integrasi, serta opsi consulting danoutsourcing – bank juga akan memiliki nilai tambah sehingga menjadi lebih kompetitif.
Cara Jitu untuk Sukses Dalam Bisnis Informatika
- Rancang Bisnis Dengan Tepat
Rancang rencana bisnis online yang akan anda buat dengan tepat dan cermat. Pertimbangkan segala aspek seperti:
- Target Pasar
Target pasar yang di maksud disini adalah siapa yang akan membeli serta di mana kita harus memasarkan barng-barang yang kita jual, sperti contoh jika kita membuat sebuah usaha penjualan gadget atau elektronik kita harus mengerti di mana dan kepada siapa kita akan memasarkan barang-barang yang kita miliki, seperti memasarkan di kawasan yang memiliki penduduk yang paham akan IT atau di sebuah pasar elektronik, serta kita memasarkannya kepada orang yang selalu update akan IT atau elektronik lainnya.
- Kemampuan Pesaing
Dalam melihat kemampuan pesaing hal yang paling utama kita lakukan adalah kita harus menguasai semua yang akan kita jual, sebab dengan cara seperti itu kita dapat melayani pelanggan sehingga pelanggan atau konsumen mendapakan kepuasan setelah berbelanja di tempat kita. Untuk itu kita juga harus menyadari apa saja yang sudah di miliki oleh pesaing kita, terutama dari pekerja yang terdapat di sana, apakah pekerja mereka sudah ahli dalam bidang IT atau belum?jika sudah mereka memiliki pekerja yang baik dan berpengalaman maka kita harus lebih baik lagi supaya bias bersaing dalam hal kualitas. Seperti halnya dalam barang yang akan kita jual, yang terpenting adalah kualitas dari barang tersebut.
- Sumber daya, Resiko dan Perkembangan Bisnis yang Anda Lakukan.
Seperti yang kita bahas sebelumnya, dalam membangun sebuah usaha penjualan gadget secara Online kita harus memiliki sumber daya yang baik dalam hal kualitas, entah dalam sumber daya pekerjanya maupun sumber daya barang yang akan kita jual. Dalam sebuah usaha kita harus siap dalam mengambil resiko yang akan di hadapi, seperti contohnya adalah maintenance. Maka dari itu kita harus memiliki sumber daya yang baik sehingga dapat memperkecil resiko yang akan kita hadapi.
- Membagun Loyalitas Konsumen
Konsumen adalah raja dalam bisnis kita, jika tidak ada konsumen maka bisnis sebaik apapun dengan sumber daya secanggih apapun tidak akan berkembang dengan baik. Untuk itu kita perlu mendapatkan loyalitas konsumen dengan cara terus mempertahankan kualitas barang / produk kita, memberikan bonus atau potongan terhdap konsumen, memberikan perhatian kepada konsumen sehingga konsumen merasa puas dan akan memakai produk / jasa kita.
- Temukan Sasaran yang Spesifik
Sebagai contoh Bila anda akan memulai bisnis informatika contohnya warnet maka anda harus lebih spesifik warnet yang akan anda dirikan berorientasi kemana? Apakah ke gamers, browsing, downloading, chatting dan lain sebagainya. Setiap sasaran dalam bisnis warnet yang akan anda dirikan pasti akan berpengaruh terhadap financial yang akan anda gunakan, contohnya bila anda akan mendirikan warnet dengan sasaran gamers maka anda harus menyiapkan komputer dengan spesifikasi untuk gamer.
- Cari Sumber Keuangan
Dalam mencari sumber keuangan kita memiliki berbagai macam cara antara lain dengan modal sendiri, pinjaman bank atau bagi hasil dengan sebuah bank syariah. Sehingga memungkinkan kita untk membuka sebuah usaha atau bisnis yang kita inginkan.
- Buat Situs yang Handal
Dalam melakukan Bisnis Online anda harus memiliki sebuah situs yang baik dan memiliki system keamanan yang handal sehingga tidak mudah di hack oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab. Sebagai contoh anda akan mendirikan bisnis penjualan gadget, maka sedapat mungkin situs tersebut menarik perhatian pasar, dan mudah dalam hal pemesanan barang dan membayaran barang.
- Promosi Jitu
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan bisnis ini baik lewat facebook, twitter, e-mail, blog dan lain sebagainya.
- Permudah Transaksi Konsumen
Semakin mudah transaksi yang dilakukan maka konsumen akan semakin sering melakukan pembelian terhadap barang / produk kita, sebagai contoh kita harus mencantumkan no rekening bank dalam situs bisnis online kita untuk mempermudah konsumen melakukan pembayaran.
- Motivasi Untuk Terus Maju
Dalam melakuakn bisnis online tentu saja tidak semudah yang kita bayangkan, pasti dalam melakuakn bisnis ini akan timbul beberapa kendala baik internal maupun eksternal. Apabila kita tekun, sabar dan yakin tentang bisnis yang kita jalankan berhasil maka hasilnyapun pasti akan berhasil karena kesuksesan itu adalah hasil dari sebuah kerja keras dan perjuangan yang tidak henti – henti.
Senin, 05 November 2012
The Coroner's Toolkit (TCT) merupakan rangkaian program aplikasi keamanan komputer yang dibuat oleh Dan Farmer dan Wietse Venema dengan menggunakan bahasa C dan Perl. Alat ini digunakan untuk membantu dalam analisis forensik digital.
Perangkat lunak ini disajikan pertama kali pada tahun 1999 pada kelas analisis forensik di IBM T.J. Watson Research Center. Rilis umum pertama pada tahun 2000, melalui website penulis. Perangkat lunak ini diperpanjang dengan berbagai cara oleh Carrier Brian, yang membuat versinya tersedia sebagai Kit Sleuth [Carrier, 2004a].
Aplikasi ini berjalan pada operating sistem seperti FreeBSD, OpenBSD, BSD / OS, SunOS / Solaris dan Linux.
Dengan aplikasi ini kita dapat melakukan :
- Data Gathering
- Time Analysis
- File Reconstruction
Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk analisis dan pemulihan data dari bencana komputer lainnya. Para penulis mengatakan bahwa TCT ini tidak memiliki satu tujuan tunggal, tetapi memiliki tujuan untuk membuat snapshot dari mesin sehingga bisa ada upaya menuju rekonstruksi masa lalu. Perangkat lunak ini dirilis secara Open Source di bawah Lisensi Publik IBM.
Bagi anda yang ingin mencoba aplikasi ini bisa berkunjung ke situs ini .
Jumat, 18 Mei 2012
Game engine adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang dirancang untuk pembuatan dan pengembangan suatu video game. Game engine memberikan kemudahan dalam menciptakan konsep sebuah game yang akan di buat. Mulai dari sistem rendering, physics, arsitektur suara scripting, A.I, dan bahkan sistem networking. Game engine dapat dikatakan sebagai jiwa dari seluruh aspek sebuah game.
Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.
Sebuah game engine dibagi lagi menjadi dua bagian besar. Yaitu API dan SDK. API ( Applicaiton Programming Interfaces ) adalah bagian operating system, services dan libraries yang diperlukan untuk memanfaatkan beberapa feature yang diperlukan. Dalam hal ini contohnya DirectX. Sementara SDK adalah kumpulan dari libraries dan API yang sudah siap digunakan untuk memodifikasi program yang menggunakan operating system dan services yang sama.
Game engine mempunyai tipe-tipe diantaranya:
- Roll-your-own game engine
Game engine tipe ini lebih disukai karena kemungkinan besar dapat digunakan gratis. selain itu, game engine tipe ini memperbolehkan para developer lebih fleksibel dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine mereka sendiri. Kelemahan dari tipe game engine ini banyak engine yang dibuat dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya
- Mostly-ready game engines
Game engine biasanya sudah memberikan fitur-fitur kepada developer game seperti GUI, physiscs, libraries model, texture dan lain-lain. Engine ini memiliki beberapa batasan, terutama jika dibandingkan dengan game engine sebelumnya yang benar-benar terbuka lebar. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi banyak error yang mungkin terjadi setelah sebuah game yang menggunakan engine ini dirilis dan masih memungkinkan game engine-nya tersebut untuk mengoptimalkan kinerja game-nya. Contoh tipe game engine seperti ini adalah Unreal Engine, Source Engine, id Tech Engine dan sebagainya yang sudah sangat optimal dibandingkan jika harus membuat dari awal. Dengan hal ini dapat menyingkat menghemat waktu dan biaya dari para developer game.
- Point-and-click engines
Engine ini merupakan engine yang sangat dibatasi, tapi dibuat dengan sangat user friendly. Developer game bahkan bisa mulai membuat game sendiri menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan coding, sudah bisa merilis game. Kekurangannya terletak pada terbatasnya jenis interaksi yang bisa dilakukan dan biasanya hal ini mencakup semuanya, mulai dari grafis hingga tata suara. Tapi bukan berarti game engine jenis ini tidak berguna, bagi developer cerdas dan memiliki kreativitas tinggi, game engine seperti ini bisa dirubah menjadi sebuah game menyenangkan. Game engine ini memang ditujukan bagi developer yang ingin menyingkat waktu pemrogramman dan merilis game-game mereka secepatnya
Contoh-contoh Game Engine
1. Freeware game engine/open source game engine
- Blender
- Golden T Game Engine (GTGE)
- DXFramework
- Ogre
- Aleph One
- Axiom Engine
- Allegro Library
- Box2D
- Build Engine
- Cube
- Cube 2
- DarkPlaces
- jMonkeyEngine (jME)
- Panda3D
- Sphere
- Unreal Engine
2. Commercial engines/game engine berbayar (komersial)
- Alamo
- A.L.I.V.E
- BigWorld
- DXStudio
- Dunia Engine
- Euphoria
- GameStudio
- Jade Engine
- Jedi
- Medusa
- RPG Maker VX
- RPG Maker XP
- RPG Maker 2003
- RPG Maker 95
- Vision Engine
contoh ulasan game engine
- Unreal Engine, Game Engine yang satu ini sudah lama diunggulkan bersama dengan tenarnya Unreal Tournament, sebuah game FPS yang menghadirkan gameplay dan grafis yang menawan dari waktu ke waktu. Versi terakhir untuk saat ini adalah Unreal Engine 3, dan didesain untuk bekerja dengan DirectX9 maupun 10. Selain ditujukan untuk game-game PC, Unreal Engine 3 juga ditujukan untuk game-game console seperti Xbox360 dan PS3. Ada juga game yang memanfaatkan Unreal Engine 3 yang akan dirilis pada tahun 2010 dan diisukan sebagai game dengan tampilan grafis yang sangat bagus, yaitu Mass Effect 2. Sudah begitu didalam Unreal Engine 3 ini terdapat berbagai program yang mendukung kinerjanya seperti NvidiaPhysX, yang memaksimalkan script/efek fisik dari sebuah objek.
- CryENGINE adalah sebuah Game Engine yang digunakan dalam sebuah game FPS berjudul FarCry yang kala itu pada tahun 2004 memiliki grafis yang sangat menawan.
Langganan:
Postingan (Atom)
Facebook Badge
This is me !
Labels
- Art (2)
- Budaya (2)
- fingerboard (3)
- Game (1)
- Musik (2)
- Teknologi (4)
- tugas (8)
- Tugas Softskill (5)
About Me
Tags
- Art (2)
- Budaya (2)
- fingerboard (3)
- Game (1)
- Musik (2)
- Teknologi (4)
- tugas (8)
- Tugas Softskill (5)