Minggu, 28 November 2010
chiptune adalah musik yang dibuat dari sound format yang telah di syntesizekan secara realtime oleh computer atau video game sound chip. Chiptune sangat popular pada periode pertengahan 1980s sampai akhir 1980s dimana pada saat itu untuk membuat musik dengan computer hanya tersedia sound chip tersebut. Medium tersebut memberikan fleksibilitas kepada para composer dalam menciptakan instrument sendiri, tetapi dikarenakan sound chip komputer pada saat itu hanya tersedia simple tone generator dan noise generator, mengakibatkan keterbatasan dalam menciptakan sound yang lebih complex. Chiptune kadang terdengar “kasar” dan “menciut2” bagi para pendengar yang tidak biasa dengan musik tersebut dan chiptune juga sangat berhubungan dekat sekali dengan video game music.

Chiptune, atau Chip music, atau Micromusic sangat popular pada periode pertengahan 1980 sampai awal 1990. Di mana pada saat itu untuk membuat musik dengan komputer hanya tersedia sound chip tersebut.
Medium tersebut memberikan fleksibilitas kepada para composer2 dalam menciptakan instrument sendiri. Tetapi dikarenakan sound chip komputer pada saat itu hanya tersedia simple tone generator dan noise generator, mengakibatkan keterbatasan dalam menciptakan sound yang lebih komplek.
Chiptunes kadang terdengar “kasar” dan “menciut” bagi para pendengar yang tidak biasa dengan musik tersebut dan chiptune juga sangat berhubungan dekat sekali dengan video game music.
Abim dari Curah Melodia Mandiri, salah satu dari mereka yang menyukai chiptune menuturkan, asal-usul chiptune tidak bisa dilepaskan dari kehadiran Video Games untuk mengiringi suasana permainan games.
Seiring berjalannya waktu, memainkan dan mendengarkan chiptune menjadi sebuah kesenangan tersendiri. “Itu hal yang sangat eforia buat kami. Kita main game tapi musiknya nempel di kepala kita, jadi ingin mengingat kembali,” ujar Abim.
Menurut Abim modal untuk memainkan chiptune tidak harus mahal. “Mainan jaman dulu, apapun itu, asal bisa mengeluarkan suara seperti 8bit, low bit resolution, nggak masalah apapun medianya,” ujarnya. Musik apapun bisa dihasilkan Chiptune. Metal, rock, jazz, pop, atau jenis lainya, namun lagi-lagi dengan syarat, resolusi suaranya 8 bit.

Berikut ini adalah tools per-platform yang biasa digunakan dalam pembuatak musik chiptune ini :

Commodore Amiga



Commodore 64

Banyak sekali alternatif yang bisa di pilih untuk membuat musik dengan commodore 64 ini. Dengan cara traditional dengan mengakses disket, menggunakan software tracker seperti:


Cyber Tracker



Mssiah


Interface dari catridge Mssiah bukan Tracker, melainkan serupa dengan lazim nya software sequencer.

Selain itu, Feature lain di Mssiah yang sangat menarik yaitu, mempunyai instrument Mono Synthsizer, Bassline (menyerupai TB-303), Drummer (menyerupai TR-909) dan Wave Player (Wave-Player plays back 4-bit samples at 6Khz on three virtual channels)



Catridge Mssiah ini pun sudah fully Midi support. Kita dengan mudah mengkonek kan aplikasi lain dengan Commodore 64 + Mssiah menjadi satu platform musik yang powerfull !

Komputer Commodore 64 (C64) mempunyai suara yang khas. Oleh karena itu, banyak orang2 kreatif memberdayakan chip SID yang terkandung dalam C64 ini menjadi sebuah sound module.

HARDSID 4U

ATARI ST

GAMEBOY

Yaitu, salah satu tipe dari chiptune music mempergunakan game system dari GameBoy Line. Untuk memproduksi music, memerlukan GameBoy console dan catridge (kaset game) berisi software khusus. Diluar sana ada berbagai macam software music untuk GameBoy, tetapi yang paling banyak dikenal oleh para musisi GameBoy adalah Nanoloop dan Little Sound DJ.
Nanoloop diciptakan oleh Oliver Wittchow, seorang art student dari jerman pada tahun 1997. User interface dari software ini sangat minim sekali dan berbeda dengan “normal” musical user interfaces. Sedangkan Little Sound DJ diciptakan oleh Johan Kotlinski pada tahun 2000. Little Sound Dj adalah Tracker 4 channel.

Little Sound DJ (LSDJ)



NANOLOOP







NINTENDO ENTERTAINMENT SYSTEM (NES)

MIDINES

Midines adalah hardware/catridge yang mengizinkan akses MIDI control ke soundchip 8bit NES. Ini memungkinkan MIDINES menjadi alat pelengkap di studio bersama dengan alat2 retro yang lain maupun modern. Lain hal juga tersedia NesFX, sebuah retro visual grafik yang datang dari incoming MIDI sound data. Versi 1.1.0 features 256 samples (Bisa di akses pada dua keyboard banks) featuring TR707, TR808, TR909, LINN, Amen+other breaks, stabs, dan essential chip battlz.
Midines diciptakan dengan cara memodifikasi 8bit Nintendo game cartridges, cleaning / stripping original case, mengganti game CIC chip dengan Midines 1.1 circuitboard. Midines adalah non-Nintendo licensed hardware interface yang mengizinkan MIDI access ke 8bit NES sound chip, kita bisa mengintegrasikan NES ke MIDI recording studio kita. Midines menyediakan full access kepada 2x Pulse, Tri, Noise and DMC (sample) channels. Dilengkapi akses sweep, duty, volume dan length sound registers.Salah satu artis yang menggunakan Midines ini adalah Trash80.

Nah sekarang kita masuk ke perkembangan teknologinya. Soundchip yang dipakai tersebut seperti yang tersedia dalam komputer2 berikut ini:
1. Chip Atari Pokey di komputer Atari 400/800
2. Chip SID di komputer Commodore 64
3. Chip PAPU dalam Nintendo Game Boy
4. Chip Yamaha YM2149 di komputer Atari ST
5. Chip AY-3-8910 or 8912 di komputer Amstrad CPC
6. Chip Yamaha YM3812 di komputer IBM PC compatibles
7. Chip Ricoh 2A03 di dalam the Nintendo Entertainment System atau Famicom.

Biasanya, chiptunes terdiri dari basic waveform yaitu sine wave, square wave dan sawtooth atau triangle wave, dan basic percussion, sering dihasilkan dari white noise melalui ADSR envelope. Untuk software yang digunakan dalam membuat chiptune music disebut Tracker.
Kalau kita bikin lagu berdasarkan suara-suara tersebut pasti identik dengan pure chiptune. Kick drum pun bisa di hasilnya oleh waveform tersebut. Sedangkan hihat atau snare menggunakan white noise. Jaman sekarang sudah banyak yang mengkolaborasikan sound asli chipset tersebut dengan drum machine modern atau analog synth dan hasilnya pun sangat mantab.

sumber.

0 komentar:

Posting Komentar

Labels

About Me

Foto Saya
hei dims !
i'm just an ordinary boy who try to be a good blogger.
Lihat profil lengkapku

Visitors

free counters
WELCOME TO MY BLOG ! I HOPE YOU ENJOY IN HERE..

Tags

Followers